5 Cara Memelihara Hamster Campbel yang Mudah dilalukan

Hamster merupakan hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. Tingkat laku hamster menjadi daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Salah satu jenis hamster adalah hamster campbel. Penamaan hamster ini berdasarkan penelitian dan penemuan yang dilakukan oleh WC Campbell, berdasarkan klasifikasi hamster yang ada di daerah Tuva, daerah yang dekat diantara Tiongkok dan Rusia. Hamster ini sebenarnya mudah untuk dipelihara. Ada beberapa cara memelihara hamster campbel yang bisa dilakukan dengan memperhatikan hal berikut.

1. Persiapan Kandang

Kandang hamster biasanya disesuaikan dengan selera orang yang memelihara hamster campbel. Ada kandang yang berbentuk jeruji besi. Kandang bentuk seperti itu harus melihat kondisi hamster yang pintar melenturkan tubuhnya bisa memanfaatkan celah sempit untuk keluar. Maka dibutuhkan jeruji besi yang sangat rapat agar hamster tetap aman.
Selain itu ada juga kandang berbentuk aquarium yang tinggi. Berikan beberapa arena bermain untuk si hamster di dalamnya. Bisa ditambahkan ayunan, tangga kecil atau ruang kecil untuk hamster. Dengan penyajian kandang yang nyaman dan teratur hamster akan terlihat lebih lincah dan betah di kandang.

2. Penempatan Serbuk Kayu

Dalam memelihara hamster, serbuk kayu memiliki peranan yang sangat penting. Fungsi dari penempatan serbuk kayu di dalam kandang yaitu sebagai bahan membuat sarang, alas tidur si hamster campbel, serta menyerap kencing hamster. Selain itu bisa untuk melindungi dari panas dan dingin.
Serbuk kayu yang berkualitas yaitu serbuk kayu dengan kualitas impor. Karena serbuknya lebih kering dari kandungan air, terlihat lebih putih dari produk lokal dan lebih bebas dari bahan kimia. Untuk meletakkan serbuk kayu di dalam kandang dengan ketebalan 2-3 cm di atas permukaan kandang.

3. Pemberian Makan Hamster

Hamster Campbel merupakan jenis hewan pengerat. Giginya yang setiap hari bertumbuh panjang membutuhkan sesuatu untuk mengasah gigi sehingga hamster tetap terasa nyaman saat makan. Biji-bijian sangat cocok diberikan ke hamster campbel agar hamster berselera untuk makan. Berikan pula makanan berupa sayur-sayuran seperti wortel, sawi, toge dan jagung.
Dengan cara memelihara hamster campbel melalui makanan yang bervariasi dan asupan gizi yang diberikan maka hamster akan lebih sehat dan nafsu makannya tetap terjaga secara normal.

4. Pengembangbiakan Hamster Campbel

Untuk mengembangbiakkan hamster campbel dibutuhkan dua hamster dengan berbeda jenis. Perkawinan antara hamster jantan dan betina harus berlangsung dengan baik. Pertama harus memilih hamster campbel jantan dan betina yang umurnya sudah mencapai 3 bulan. Untuk hamster campbel jantan harus jauh lebih tua dari hamster campbel betina. Dan ukuran panjang tubuh hamster sekitar 9 hingga 12 cm.
Kemudian persiapkan kadang khusus. Masukkan hamster jantan terlebih dahulu. Disusul dengan memasukkan si betina. Masa subuh hamster setiap 3 hari sekali. Berikan waktu selama 48 jam untuk si hamster campbel jantan untuk kawin dengan betina. Masa kehamilan hamster campbel sekitar 15 hingga 20 hari sampai si anak hamster akhirnya lahir.

5. Perawatan Kandang

Perhatikan tingkat kebersihan kandang terutama serbuk kayu yang ada di dalam kandang. Jangan sampai serbuk kayu menjadi lembab. Karena jika terjadi kelembapan akan berpengaruh pada bulu hamster akan menjadi rusak. Selain itu kenyamanan hamster akan berpengaruh agar hamster tidak stres dan tidak mudah sakit. Lakukan perawatan dan kebersihan kandang secara rutin agar hamster aman dari jamur, bakteri dan penyebab penyakit lainnya.

Dengan memperhatikan beberapa cara memelihara hamster campbel diharapkan bisa menjaga kenyamanan dan keberlangsungan hidup hamster lebih lama. Cobalah sesekali mengajak hamster campbel ini bermain dengan memperhatikan tingkah lakunya. Agar si hamster campbel ini lebih kenal dengan si pemilik. Karena jika hamster campbel tidak mengenali bau orang yang melihat maka hamster tersebut menjadi agresif dan ingin menggigit. Itulah kenapa hamster campbel dijuluki “Mad Hamster”.