7 Cara Merawat Sugar Glider Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula

Saat banyak orang memilih untuk memelihara hewan seperti kucing dan anjing, namun ternyata sugar glider bisa jadi pilihan yang juga cocok loh. Hewan yang kecil dan menggemaskan ini masuk dalam jenis posum dan aktif di malam hari. Jika tertarik ingin memeliharanya, pastikan untuk mengerti terlebih dahulu bagaimana cara merawat sugar glider ini sendiri. Sebelum memutuskan untuk memelihara sugar glider yang menggemaskan ini, pastikan untuk mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan baik agar berumur panjang. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Kenali Karakteristik Sugar Glider

Cara merawat sugar glider yang pertama adalah dengan mengenal dan juga memahami karakteristiknya. Tak kenal maka tak sayang, jadi pastikan untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai sugar glider agar mudah dalam merawatnya nanti. Sudah banyak informasi di internet mulai dari perawatan rutin, makanan dan kebutuhan lainnya yang bisa dibaca untuk mengetahui apakah mampu untuk memeliharanya atau tidak.

2. Siapkan Kandang

Setelah yakin ingin merawat sugar glider, maka siapkan sebuah kandang yang tepat dan nyaman. Ada baiknya untuk membuat sendiri ataupun beli custom agar sesuai dengan ukurannya. Pilihlah kandang jeruji yang cukup tinggi agar hewan kecil nan menggemaskan ini bisa leluasa bermain. Namun pastikan kandang selalu bersih dan hindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung ya.

3. Pilih Makanan Yang Tepat

Selain menyiapkan kandang yang tepat, cara merawat sugar glider selanjutnya adalah dengan memilih makanan yang sesuai dan tidak boleh sembarangan. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, nektar, serangga dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat peliharaan tetap sehat dan menjauhkannya dari berbagai penyakit. Sediakan pula air yang selalu bersih agar sugar glider tidak dehidrasi nantinya.

4. Mandikan Secara Rutin

Untuk menghindari aroma yang tidak sedap akibat terkena air seni ataupun kotorannya, sugar glider juga harus dimandikan secara rutin loh. Namun pastikan untuk memandikannya dengan teknik kering atau hanya menggunakan tisu basah karena tidak boleh terkena air secara langsung yang bisa membahayakan kesehatannya. Tambahkan sampho untuk membersihkan badan dan membuatnya wangi ya.

5. Rutin Periksa ke Dokter Hewan

Tidak hanya manusia, hewan juga harus diperhatikan pula kesehatannya. Bahkan sama dengan hewan peliharaan lainnya, sugar glider juga memiliki potensi untuk sakit loh. Beragam penyakit yang bisa menimpa seperti stres, kekurangan kalsium, obesitas, hingga karena terkena kutu. Maka dari itulah sangat penting untuk membawanya ke dokter hewan agar bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

6. Gabung Dengan Komunitas Pecinta Sugar Glider

Tidak hanya itu, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan sesama pemilik sugar glider dengan bergabung di sebuah komunitas pecinta hewan. Dengan bersosialisasi sesama penyuka hewan akan menambah wawasan, mendapatkan saran atau pendapat yang cukup baik loh. Tidak dipungkiri, hal ini akan sangat membantu jika ada permasalahan mengenai sugar glider yang diperlihara loh.

7. Kesabaran

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat merawat sugar glider adalah sebuah kesabaran. Dengan kesabaran yang tinggi, maka sugar glider bisa dijinakkan secara mudah loh. Tidak seperti kucing atau hewan lainnya, sugar glider membutuhkan waktu untuk menjadi jinak dan menggemaskan sebagai hewan peliharaan.

Itulah informasi mengenai cara merawat sugar glider yang baik dan benar agar berumur panjang. Pastikan pula untuk mengajaknya bermain agar hewan tidak stres ya, serta hindarkan dari tempat berisik. Jadi apakah tertarik untuk merawat hewan imut dan menggemaskan ini? Semoga bermanfaat!