hewan kecil mematikan

Hewan-Hewan Kecil Mematikan Di Dunia

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa hewan-hewan kecil merupakan hewan yang tidak berbahaya. Padahal di dunia ini banyak sekali hewan-hewan kecil yang dapat membahayakan nyawa manusia. Jadi masyarakat harus selalu waspada dan hati-hati jika bertemu dengan hewan-hewan kecil yang aneh dan mencurigakan. Jika terkena gigitan atau sengatan hewan kecil tersebut, maka segeralah meminta bantuan. Untuk yang penasaran dengan hewan kecil yang dapat membahayakan nyawa, berikut adalah beberapa penjelasan tentang hewan-hewan kecil mematikan yang ada di dunia

1. Lalat Tse-Tse

Gigitan lalat pada umumnya hanya akan memberikan efek gatal pada kulit manusia. Gatal tersebut nantinya akan hilang dengan sendirinya. Hal tersebut sangat berbeda dengan gigitan dari hewan kecil bernama lalat tse-tse. Lalat tse-tse akan menggigit kulit manusia dan menghisap darahnya.

Tak sampai disitu saja, lalat tse-tse juga akan menyebarkan mikroba Trypanosoma kedalam tubuh manusia lewat gigitanya. Perlu diketahui bahwa mikroba Trypanosoma ini bisa menyebabkan kantuk. Rasa kantuk yang disebabkan oleh gigitan lalat tse-tse tersebut sebenarnya adalah sebuah penyakit bernama Trypanosomiasis atau yang bisa disebut sebagai gangguan tidur Afrika.

Apabila mikroba Trypanosoma ini sudah berkembang biak dan menyebar ke dalam pembuluh darah, maka mikroba tersebut akan dapat menghancurkan sel-sel darah merah. Jika sel-sel darah merah tersebut hancur, maka besar kemungkinan dapat mengakibatkan koma hingga kematian.

2. Kissing Bug

Hewan kecil mematikan yang kedua ialah sejenis serangga mematikan bernama kissing bug. Gigitan serangga yang satu ini bisa menimbulkan kematian. Perlu diketahui bahwa serangga kissing bug ini dapat dengan mudah menggigit dan menghisap darah manusia. Saat menghisap darah manusia, serangga ini juga akan mengeluarkan kotoran. Kotoran dari serangga kissing bug tersebut mengandung parasite Trypanosoma Chuzi, dimana parasite tersebut dapat mengakibatkan penyakit chagaz.  

Gejala dari panyakit chagaz ini ialah bengkak pada daerah sekitar gigitan kissing bug. Tak hanya itu saja, seseorang yang terkena gigitan kissing bug ini akan mengalami demam tinggi, mual dan muntah. Akibat yang paling membahayakan dari gigitan kissing bug ini ialah gagal jantung kemudian meninggal dunia.

3. Laba-Laba Funnel Web

Perlu diketahui bahwa hewan kecil mematikan bernama laba-laba funnel web ini hanya dapat dijumpai di Australia. Laba-laba funnel web ini merupakan laba-laba paling mematikan di Australia. Gigitan dari laba-laba ini mengandung racun yang sangat membahayakan.

Orang yang terkena gigitan laba-laba funnel web ini nantinya akan mengalami kejang otot, keringat berlebihan, mati rasa, kehilangan kesadaran dan gagal jantung. Jadi untuk seseorang yang tergigit oleh laba-laba jenis ini, alangkah baiknya untuk segera pergi ke rumah sakit.

4. Puss Catterpilar

Ulat bulu yang satu ini merupakan jenis ulat bulu paling berbahaya di seluruh dunia. Puss caterpillar ini hanya dapat dijumpai di Amerika Serikat. Sekali saja menyentuh ulat bulu ini, maka bulu pada ulat tersebut akan menempel dan menancap pada kulit seseorang.

Kemudian yang akan dirasakan setelah menyentuh ular itu ialah gatal-gatal yang sangat parah bahkan bisa memberikan efek yang sangat berbahaya. Rasa sakit yang dirasakan setelah menyentuh ulat ini melebihi rasa sakit saat disengat ubur-ubur dan digigit laba-laba.

5. Cone Snail

Hewan bernama cone snail ini ialah hewan kecil mematikan sejenis siput yang sangat berbahaya. Cone snail merupakan siput beracun yang paling berbahaya di seluruh dunia. Saat merasa lapar, siput ini akan menggunakan senjata penembak yang berada di belakang cangkangnya. Senjata penembak tersebut nantinya dapat digunakan untuk melumpuhkan mangsanya.

Senjata penembak pada tubuh siput tersebut bernama Probosis. Perlu diketahui bahwa di dalam Probosis terdapat peluru yang mengandung racun berbahaya. Saat mangsanya terkena peluru dari siput tersebut, maka si mangsa akan mengalami kelumpuhan. Setelah itu mangsa akan langsung disantap oleh si cone snail tersebut.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang hewan-hewan kecil mematikan yang ada di dunia ini. Jadi jangan sekali-kali menganggap remeh hewan-hewan kecil yang ada di sekitar tempat tinggal. Bisa jadi hewan kecil tersebut sangat berbahaya.