Peliharaan untuk rumah sempit

Hewan Peliharaan Untuk Rumah Sempit

Memelihara hewan peliharaan memiliki berbagai manfaat bagi manusia, misalnya saja menurunkan tingkat stres karena tingkah hewan yang lucu. Selain itu, hewan peliharaan juga akan selalu menemani pemiliknya di rumah. Ada banyak jenis hewan yang dapat dipelihara. Mulai dari yang besar sampai yang kecil dengan cara perawatan yang berbeda pula. Bagi pemilik rumah kecil, jenis hewan peliharaan untuk rumah sempit berikut bisa dijadikan referensi.

Hamster

Hamster merupakan jenis hewan pengerat berukuran mini dan terlihat lucu. Hewan ini bisa dijadikan alternatif sebagai peliharaan. Hamster biasanya bisa bertahan hidup 2 hingga 4 tahun. Tergantung dari perawatan yang didapatkannya. Semakin baik perawatannya maka usia hamster bisa lebih panjang.

Hewan ini dapat diletakkan di kandang besi atau kaca yang pada bagian bawahnya diberi alas. Kandang hamster pun harus rajin dibersihkan supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Untuk hamster dengan jenis yang lebih aktif maka bisa ditambahkan aksesoris berupa mainan roda berputar.

Ikan Hias

Untuk memelihara ikan hias dibutuhkan aquarium yang dilengkapi dengan aerator untuk melancarkan pertukaran udara di dalam air. Ukuran aquarium juga perlu diperhatikan supaya ikan hias tidak merasa sesak. Aquarium bisa juga ditambah dengan beberapa hiasan agar semakin indah.

Ikan hias yang bisa dipelihara misalnya saja ikan lohan, ikan cupang, ikan mas koki, ikan arwana dan lain-lain. Ikan diberi pakan 2 kali sehari dan jangan terlalu banyak karena dapat mengendap di aquarium dan mengotorinya.

Landak Mini

Landak mini ini berbeda dengan landak besar yang memiliki duri-duri runcing dan tajam menakutkan. Walaupun Landak mini masih memiliki duri namun bisa dipelihara dengan aman di rumah. Landak ini bisa diberi makan makanan kucing yang berbentuk padat. Ia merupakan hewan nokturnal dan bersifat soliter atau tidak suka berkelompok.

Cara memegang hewan ini yaitu dengan menempatkan kedua tangan dibagian bawah tubuh landak. Landak harus dirawat dengan cara memandikannya sekali dalam dua minggu dan menyikat rambutnya hati-hati menggunakan sabun bayi.

Umang-Umang

Umang-umang memiliki beberapa nama lain seperti kelomang, kumang atau pong-pongan. Hewan ini biasanya dijual di pasar dengan aneka cat warna-warni. Umang-umang dapat dipelihara dengan menempatkannya pada kotak kaca atau terarium yang diberi alas misalnya menggunakan cocopeat. Hewan ini juga cocok dijadikan peliharaan untuk rumah sempit. Biasanya Umang-umang memerlukan cangkang pengganti yang lebih besar dalam pertumbuhannya. Termasuk hewan omnivora dan bisa memakan remahan roti, buah dan sebagainya.

Guinea Pig

Guinea Pig bukanlah salah satu jenis babi melainkan hewan pengerat mirip hamster dengan ukuran yang lebih besar dan memiliki bulu lebat. Hewan ini juga dikenal dengan nama tikus Belanda. Guinea Pig mudah mengalami stress, untuk itu haruslah ditempatkan dalam kandang yang tidak terlalu kecil dan dijauhkan dari anjing atau kucing. Makanan Guinea Pig berupa sayuran segar yang bergizi dan mengandung sumber vitamin C.

Chipmunk

Chipmunk adalah jenis tupai tanah yang memiliki garis-garis di tubuhnya. Hewan ini terlihat lucu dan terkenal, salah satunya berkat film Alvin and The Chipmunk yang laris di pasaran. Termasuk hewan omnivora dan memiliki sumber makanan beragam misalnya saja kacang kenari, serangga, jamur dan lainnya.

Hewan-hewan tersebut, selain bentuknya yang mini juga perawatannya tidaklah terlalu sulit. Makanan yang dibutuhkan pun tidak banyak. Hewan kecil tersebut sangat cocok dijadikan peliharaan untuk rumah sempit dan ramah bagi anak-anak. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan hewan-hewan tersebut supaya tidak menimbulkan penyakit.